Cara Menghilangkan Bau Mulutu Ketika Berpuasa

Berpuasa adalah sebuah ibadah dan kewajiban bagi umat Islam. Pada saat berpuasa, beberapa orang mengalami hal yang dapat mengganggu aktifitas yaitu napas berbau tak sedap. Ketika berpuasa mulut dalam keadaan kering yang mengakibatkan bakteri berkumpul dan menyebabkan bau tak sedap pada mulut. Bagaimana cara mengatasi bau tidak sedap pada saat berpuasa?

  • Kumur

Beberapa tanaman yang dapat menghilangkan bau mulut adalah cengkeh dan daun sirih. Kumurlah dengan daun sirih atau cengkeh pada saat sahur dan berbuka. Daun sirih mengandung zat-zat yang sangat ampuh mengatasi bau mulut yang ditimbulkan oleh bakteri. Sedangkan cengkeh mempunyai minyak yang dapat mematikan kuman penyebab bau mulut.

  • Sikat Gigi

Sikat gigi juga dapat menghilangkan bau mulut saat puasa. Mengosok gigi dapat mencegah sisa makanan yang tersangkut dimulut dan menjadi berkembang biaknya bakteri yang dapat menyebabkan bau mulut. Beberapa orang merasa kurang nyaman jika harus sikat gigi dengan pasta gigi pada saat puasa. Maka bisa coba sikat gigi dengan air saja.

  • Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan bau mulut. Mengkonsumsi buah-buahan pada saat sahur dan berbuka bisa menghilangkan bau mulut dan menjadikan mulut menjadi segar.

(Nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *