Dampak Negatif Menggunakan Soflens

Contact Lens atau lensa kontak adalah sejenis lensa untuk pengganti kacamata minus atau plus yang praktis dan efisien. Sehingga bagi penderita rabun jauh atau dekat bisa tidak menggunakan kacamata sebagai alat bantu melihat. Sebagai alat bantu melihat, lensa kontak ini banyak peminat nya sehingga digunakan sepanjang hari. Ternyata ini berbahaya untuk kesehatan mata loh! Yuk, cari tahu dampak negatif menggunakan kontak lensa apa aja!

  • Iritasi Mata

Penggunaan lensa kontak secara terus-terusan dapat menyebabkan iritasi mata. Untuk menghindari iritasi mata harus dijaga kebersihannya dan jangan biarkan lensa tersebut kering. Obat tetes mata juga harus selalu dibawa untuk membersihkan debu penyebab iritasi mata.

  • Hypoxia

Hypoxia merupakan keadaan ukuran lensa terlalu besar atau terlalu kecil sehingga membuat tidak nyaman saat digunakan. Hal ini dapat saja terjadi saat salah memilih soflens. Lebih baik ketahui dahulu kadar air mata yang sesuai dengan lensa yang akan dipakai.

  • Edema

Edema adalah penyakit mata yang menyebabkan mata merah dan berair pada saat melepas lensa pada mata. Hal ini dapat terjadi karena mata kekurangan oksigen dan kelelahan sehingga mengakibatkan pandangan kabur. Oleh karena itu, istirahatkan mata supaya mata mendapatkan oksigen dan kembali fresh.

(Nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *