Kebiasaan Buruk Yang Dapat Merusak Rambut

Rambut adalah mahkota wanita, tidak heran perawatan terhadap rambut menjadi penting. Banyak hal dalam gaya hidup dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Sayangnya, secara tidak sadar beberapa kebiasaan buruk kerap dilakukan pada rambut kita. Apakah kebiasaan buruk itu?

  • Mandi Air Hangat

Tidak hanya kulit yang dapat dehidrasi, rambut pun dapat kering. Menggunakan air hangat salah satu kebiasaan yang dapat menghilangkan minyak pelindung rambut. Air hangat dapat membuat pori-pori kulit kepala bekerja keras untuk meningkatkan produksi minyak, sehingga merusak akar rambut dan menyebabkan rambut rontok. Salah satu cara mencegahnya adalah mencuci rambut dengan air dingin, atau tidak menggunakan air yang terlalu panas.

  • Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Menyisir rambut saat masih basah akan menyebabkan rambut mudah rapuh dan patah. Karena kutikel pelindung rambut menjadi terangkat. Untuk meminimalisir kerusakan pada rambut, gunakan sisir yang bergigi jarang untuk memberikan kesan bergelombang. Atau jangan lupa berikan kondisioner pada rambut akan membuat rambut menjadi halus dan tidak kusut saat disisir.

  • Rambut Diikat

Mengikat rambut terlalu sering akan membuat tertarik hingga ke akarnya. Mengepang rambut dapat memberikan tekanan ekstra dan tarikan pada rambut. Inilah penyebab rambut menjadi cepat rontok. Hindari kebiasaan mengikat rambut terlalu kencang dan diikat terlalu atas. Terutama pada saat tidur, pastikan ikatan rambut tidak terlalu kencang sehingga kulit kepala tidak ikut tertarik.

  • Terkena Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat menghilangkan kekuatan dan elastisitas rambut. Sama seperti kulit, sinar UV juga bisa membuat rambut menjadi kering, rusak dan kusam sehingga menyebabkan rambut menjadi cepat rapuh dan rontok. Biasakan gunakan produk yang mengandung UV Protection atau menggunakan topi jika berada di luar ruangan.

(Nov)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *